Artikel Trubus I Artikel Trubus II Artikel Lain

Artikel-artikel dari Majalah Trubus Tentang Kehebatan Gamat

Teripang Jinakkan Serigala Liar
Bayangan kematian menyergap benak Rachma Dwiyanti ketika dokter mendiagnosis lupus. Perempuan 32 tahun itu gontai keluar dari ruang praktek. Tiba-tiba saja ia takut menghadapi kehidupan. Maklum, sebulan silam nyawa adiknya terenggut karena penyakit itu. Haruskah ia mengikuti jejak sang adik menuju ke haribaan-Nya? (cerita lengkap……..)

Gamat Tuntaskan Jantung Koroner
Petaka itu terjadi pada medio 2005 silam. Itu adalah kali pertama bagi Mulyanto. Saya heran, kok bisa terkena jantung koroner, kata pria 41 tahun itu. Padahal, ia sangat gemar berolahraga. Bahkan, 16 tahun silam, ia tercatat sebagai atlet bolabasket di kampusnya. Dua tahun lalu, saya berhenti berolahraga karena sibuk bekerja, katanya. Dokter menduga, rutinitas berolahraga yang tiba-tiba berhenti, turut memicu serangan jantung koroner. (cerita lengkap………)

Band Samsons, Antara Konser dan Gamat
Andre, manajer Band Samsons pun ikut tertarik mengkonsumsi. Itu bermula dari serangan virus biopasi di wajah Andre. Virus itu membuat setengah bagian muka Andre kaku. Menurut diagnosis dokter mungkin karena kecapaian kerja, ujar Andre. Selain menjalani fisioterapi di salah satu rumah sakit di Jakarta, ia rutin meminum gamat sebanyak 2 kali sehari agar sembuh. Hasilnya kini mulai tampak. Badan Andre tidak lekas capai. Yang terpenting wajah yang sebelumnya terasa lumpuh mulai bisa digerakkan. (cerita lengkap……..)

Gamat Sembuhkan Stroke
Tiga puluh hari sudah tubuh Lis Rudiyan terbujur di ruang intensive Care Unit (ICU) sebuah rumah sakit besar di Semarang, Jawa Tengah. Ia koma. Stroke pendarahan akibat hipertensi –tekanan darahnya 200/120 mmHg– memaksa perempuan 42 tahun itu opname hingga 1,5 bulan. Begitu tangan mampu bergerak, Lis dipindahkan dari ruang ICU ke bangsal. Di ruang itulah adiknya, diam-diam memberikan ekstak teripang dengan gastric tube, semacam selang yang dimasukkan ke lubang hidung lalu ke lambung. (cerita lengkap……..)

Penjinak Hepatitis C
Bagai tersisa kulit membalut tulang. Begitulah kondisi Waskito dua tahun lalu. Sekedar menegakkan tubuh pun ia perlu bantuan orang lain. Oleh karena itu ia lebih banyak menghabiskan waktu di atas pembaringan. Hepatitis C akut menggerogoti kesehatan pria 66 tahun itu. ”Kami sekeluarga rela jika bapak dipanggil Tuhan,” ujar Dewi Handayani, anak sulung Waskito. (cerita lengkap…..)

Baca Juga : Artikel-Artikel Trubus tentang kehebatan gamat, bagian II

(Kisah tentang Kanker Payudara, Tumor Rahang, Diabates, Kista, Radang Sendi, dll.)

Gamat Untuk Berbagai Penyakit
Teripang tak hanya membantu proses penyembuhan stroke dan asma. Banyak penyakit maut lain yang dituntaskan oleh anggota famili Holothuriidae itu seperti diabetes mellitus, jantung koroner, hepatitis, dan psoriasis. Teripang berkhasiat untuk hampir semua kasus penyakit. Cara kerjanya tentu saja berbeda. Misalnya untuk asam urat ekstrak teripang memblokir asam urat, untuk osteoarthritis alias radang sendi teripang memberikan kondroitin sehingga tulang rawannya membaik, ujar dr Zen Djaja MD di Malang. (cerita lengkap……..)

Mereka Selamat Berkat Gamat
Penderitaan itu seperti merampas kebahagiaan Dewi Anggraeni yang baru saja menikah. Delapan purnama seperti bergulir lebih cepat ketika ia lemas, pegal, lambung perih, sering muntah, serta kehilangan keseimbangan. Ia mengira masuk angin, sehingga hanya membeli obat yang dijual bebas.
Lebih dari seminggu, sakit dan letih tak kunjung membaik. Itulah sebabnya ia memeriksakan diri ke dokter. Ahli medis mendiagnosis ia terlalu lelah bekerja sehingga hanya diberi vitamin. Toh, kondisinya kian memburuk. Naik tangga berjarak 5 meter, ia butuh satu jam dengan keringat dingin tak henti mengucur. Kian hari kesehatan Dewi semakin menurun, sehingga ia hanya bisa terbaring di tempat tidur. (cerita lengkap……..)

Penyembuh dari Dasar Samudera
Khasiat teripang juga didukung oleh kandungan EPA dan DHA – keduanya termasuk asam lemak omega 3. Faedahnya menghambat proses penuaan, menurunkan kolesterol jahat LDL dan VLDL dalam tubuh sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Teripang tidak mengandung kolesterol, baik untuk orang yang punya penyakit jantung,” kata Sinru Sani Yang, ahli pengobatan cina di Kelapagading, Jakarta Utara. Menurut Muhilal, EPA dan DHA yang berantai panjang dan berikatan rangkap memulihkan jaringan yang rusak serta meningkatkan kinerja otak dan mata. (cerita lengkap……..)

Senjata Pamungkas Murid Hipokrates
Senjata pamungkas bagi para dokter berupa obat. Dengan meresepkan obat yang tepat, diharapkan penyakit yang merongrong pasien segera dapat diatasi. Salah satu yang dijadikan sebagai senjata pamungkas untuk melawan ganasnya penyakit adalah ekstrak teripang. Banyak dokter mengkonsumsi untuk diri sendiri atau meresepkan kepada pasien. Itu ditempuh setelah beragam obat-obatan kimiawi tak sanggup melumpuhkan penyakit maut.  (cerita lengkap……..)

Virus Hepatitis itu Telah Hilang
Betapa kagetnya Wiwiek ketika ahli medis memvonis dirinya mengidap Hepatitis-B. Hal itu terbukti seminggu kemudian timbul gejala utama hepatitis-B: bagian putih pada mata dan kulit seluruh tubuh tampak menguning, serta air seni berwarna seperti teh. (cerita lengkap……..)

Baca Juga : Artikel-Artikel Trubus tentang kehebatan gamat, bagian II

(Kisah tentang Kanker Payudara, Tumor Rahang, Diabates, Kista, Radang Sendi, dll.)

Gamat Akhiri Derita Stroke dan Asma
Dua hari meminum gamat (sebutan teripang di Malaysia), tidurnya nyenyak. Pengidap darah tinggi kerap pusing dan sulit tidur. Badannya kembali bertenaga dan organ tubuh yang semula tak bisa digerakkan, kembali berfungsi. Bahkan 4 hari kemudian ia sanggup berjalan normal. Lantas, pria berkacamata tebal itu memeriksakan diri ke dokter atas perubahan dirinya. Hasilnya mencengangkan. Gula darah turun menjadi 125 mg/dl dari 311 mg/dl, setelah sebulan rutin mengkonsumsi teripang. Tekanan darah pun kembali normal 130/80 mmHg. (cerita lengkap……..)

Teripang Akhiri Derita Tumor Lambung
Tumor lambung itu datang dengan isyarat ruam-ruam merah di permukaan kulit Retno Dewi Kurniati yang putih. Demam kemudian mengiringinya. Ia menduga itu gejala serangan cacar air. Namun, 4 jam berselang, kerongkongan perempuan 41 tahun itu seperti tersumbat. Betapa sulitnya bernapas saat itu. Ia merasa maut menjemput sehingga dengan terbata-bata meminta maaf kepada suami. (cerita lengkap……..)

Berlalunya Radang Paru-paru sang Saudagar
Di perjalanan panjang itu Suharmen Sultan Mudo hampir tak pernah berhenti merokok. Sesekali minuman berenergi dikonsumsi. Namun, akhirnya pada Oktober 2003 pria 46 tahun itu ambruk. Ia menggigil, tubuh lemas, batuk berkepanjangan, dan nafsu makan hilang. Untuk mengatasi gangguan kesehatan itu ia hanya mengkonsumsi obat batuk yang banyak beredar di pasaran. (cerita lengkap……..)

Teripang Kikis Sisik Ular

Stres dan sakit kepala yang mengawali hari-hari Marlita Sari sejak penceraian membawanya pada penderitaan baru. Bercak-bercak putih tiba-tiba saja terlihat di kulit kepala. Awalnya, wanita kelahiran Semarang, Jawa Tengah itu mengira kesalahan penggunaan shampo. Lama-kelamaan sisik di kepala itu menjalar ke seluruh punggung. Setelah 2 tahun barulah diketahui Marlita mengidap psoriasis (cerita lengkap…….)

Obat Alternatif Parkinson

Waktu istirahat hampir tiba ketika Adang Saimin menulis proposal kerja sama. Pensiunan TNI Angkatan Darat itu menulis dengan pena di atas kertas. Belum juga buah pikirannya rampung dituangkan, tangan kanannya bergetar hebat. Tulisan tangan pun acak-acakan. Ia mencoba mengendalikan gerakan tangan, tetapi gagal total. (cerita lengkap….)

Khasiat di Balik Resep Datuk
Tiga kelompok kelinci masing-masing terdiri atas 5 ekor disayat hingga menimbulkan luka sepanjang 10 cm. Luka sayat pada kelompok pertama diolesi air rebusan teripang; kelompok ke-2, yodium; kelompok ke-3, tanpa perlakuan. Air rebusan teripang dan yodium diberikan 3 kali sehari. Dua hari berselang, luka kelompok pertama mengering; kedua tetap basah; ke-3, terinfeksi. (cerita lengkap……..)

Jalan Panjang Pangkor ke Selangor
Bertahun-tahun meriset, Healwell Pharmaceutical mengolah gamat-sebutan teripang di Malaysia-sejak 1995. Perusahaan itu didirikan oleh Prof Dr Hassan Yaacob, periset gamat dari Fakultas Kedokteran Universitas Malaya. Anggota famili Holothuridea itu tak hanya diolah menjadi suplemen, tetapi juga beragam produk seperti pembersih wajah, salep, sabun, dan sampo. Khusus untuk suplemen, produksinya mencapai 30.000 liter per pekan. (cerita lengkap……..)

Artikel TRUBUS part II

This page has the following sub pages.