Artikel Trubus I Artikel Trubus II Artikel Lain

Artikel-artikel dari Majalah Trubus Tentang Kehebatan Gamat (Part II)

Hewan Samudra Penakluk Kanker Payudara

Buah apel jatuh tak jauh dari pohonnya. Pepatah itu berlaku bagi istirochah. Dua puluh tahun lampau sang bunda, maemunah, mengembuskan napas terakhir gara-gara kanker payudara. Kanker serupa menyambangi dirinya, istirochah divonis mengidap kanker payudara stadium IIIb. Ajal pun seakan di pelupuk mata (cerita selengkapnya…..).

Teripang Kendalikan Tumor Rahang

Sri rejeki tak sepakat dengan syair lagu yang dilantunkan penyanyi Hamdan ATT. “Lebih baik sakit gigi daripada sakit hati ini, biar tak mengapa…” enam giginya dicabut sekaligus menyisakan sakit tak terperi. (cerita selengkapnya….)

Lepas dari Jeratan si Manis, (Kisah dokter gigi yang terbebas dari diabetes setelah mengkonsumsi gamat)

Tiket pesawat ke Jakarta sudah di tangan drg. Suyatno Sutopo. Menjelang berangkat, tiba-tiba napasnya terengah-engah. Dokter gigi itu bersandar lemah di tepi tempat tidur. “Ini serangan jantung, harus segera dibawa ke rumah sakit,” tutur Sutandyo, kakak ipar Suyatno, yang juga dokter. (cerita selengkapnya…..)

Penolak Cuci Darah (Keampuhan Gamat Mengatasi Gagal Ginjal)

Hariyati syok mendengar vonis gagal ginjal. Ternyata itulah jawaban atas segala penderitaan selama bertahun-tahun. Ia kerap merasa pinggang sebelah kiri pegal dan panas. Ketika berkemih, air urine berwarna merah keruh seperi air bekas cucian daging. Selain itu perempuan 30 tahun itu juga kerap terserang demam. (cerita selengkapnya….)

Sembuh dari Derita Radang Sendi

Dua belas tahun ia hidup di atas kursi roda. Osteoartritis alias radang sendi bagai memenjarakannya. Akibat penyakit itu -Wihardja Zain –begitu nama pria itu– tak mampu lagi berjalan. Jari tangan dan jari kaki membengkok dan dari sela-sela keluar cairan putih lengket seperti cat. Untuk mengurangi kejenuhan, ia lebih banyak membaca buku di dalam rumah, di Gegerkalong, kota Bandung. (cerita selengkapnya…..)

Pemutus Empat Operasi

Betapa girangnya hati Sylvia ketika Ryan menyodorkan kacang bali. Kelenjar salifanya mulai terangsang untuk mencicipi gurihnya penganan khas Bali. Sayang, kebahagiaan Sylvia sesaat. Ketika mengunyah, tambalan gigi geraham kanan direktur sebuah perusahaan pembiayaan itu terlepas lantaran tekstur kacang terlampau keras. Padahal 15 tahun lamanya tambalan awet (cerita selengkapnya…..)

Teripang sang Penumpas Kista

Rosadiah tak habis pikir, keinginannya menambah anak justru berujung penderitaan. Kista, kini berada dalam rahimnya. Entah bagaimana daging itu bisa bertandang di tubuh wanita berusia 31 tahun itu. Apalagi pertumbuhan penyebab kanker itu cukup pesat, enam sentimeter dalam satu bulan. “Jika berbulan-bulan pasti membesar,” kata Diah. (cerita selengkapnya…..)

Ekstrak Pembatal Operasi

Di ruang operasi sebuah rumah sakit di Jakarta Barat, Maria Prihartini meloncat kegirangan. “Terima kasih, Tuhan,” kata perempuan 29 tahun itu. Tindakan penyelamatan itu urung lantaran beberapa menit sebelum operasi dokter memindai perut Maria. Namun kista cokelat yang ia idap tak ditemukan. Dokter lain memindai ulang dengan alat mutakhir, hasilnya sama: tak ada kista. (cerita selengkapnya…..)

Akhir Derita Karena Batu Mini (Atasi Batu Ginjal Dengan Gamat)

Lima bulan berselang, Suryatim kembali memeriksakan diri ke dokter. Hasil pemeriksaan USG menunjukkan ukuran batu ginjal semakin kecil, 5,7 mm. Harapan sembuh semakin menggelora di dada ibu 3 anak itu. Untuk ke-3 kalinya ia ke laboratorium pada 7 November 2007. Alumnus Sekolah Guru Taman Kanak-kanak Muhammadiyah Surakarta itu bersuka cita lantaran di ginjalnya tak ada lagi batu. (cerita selengkapnya…..)

Pencuri Tulang Kala Usia Senja (Mengatasi derita Osteoporosis dengan Gamat)

Selang 2-3 hari kemudian Sintawati bisa tidur lelap. Perubahan lain, ia mampu menaiki 12 anak tangga di rumahnya. Itu terjadi 2 bulan setelah rutin mengkonsumsi ekstrak teripang. Malah berikutnya la bisa berjalan sejauh 7 km. (cerita selengkapnya…..)

Mentimun Laut Penyembuh Radang Usus

Sepekan mengkonsumsi. Agus mulai merasakan perubahan. Darah yang keluar bersama tinja semakin sedikit. “Darah tak lagi mengucur tiap hari, hanya 3 hari sekali dan tidak banyak,” kata ayah dari Reynaldi itu. Setelah satu bulan, darah pun tak lagi mengucur dan sakit di perutnya hilang. (cerita selengkapnya…..)

Kering Luka Caesar Karena Teripang

Usianya 39 tahun ketika Suci menjalani operasi caesar yang ke-3. Ia menjalaninya dengan percaya diri. Konsumsi ekstrak teripang terus dilanjutkan setalah ia menjalani operasi. hasilnya sungguh mengagumkan, hanya sepekan pasca operasi, luka bekas operasi mengering dan hampir tak berbekas. Ia juga merasa lebih fit dan daya tahan tubuhnya meningkat schingga tetap bugar meski pekerjaan bertumpuk dan mengurusi keempat anaknya yang membutuhkan tenaga ekstra. (cerita selengkapnya…..)

Pergi Sinusitis tak Kembali,

Beberapa hari kemudian perempuan kelahiran 21 April 1942 itu merasakan plong dan kesegaran menjalar ke sekujur tubuh. Sepekan berselang, bersin-bersin berkurang. Enam bulan kemudian pada Januari 2007 ia memeriksakan diri ke dokter setelah pilek, alergi, dan bersin-bersin hilang. Dokter mengatakan kondisi tubuh Emah kian membaik sehingga sinusitis tak menyerang lagi. Hingga kini, Emah tak lagi menderita karena sinusitis. (cerita selengkapnya….)

Selamat Berpisah dengan Mioma

Akibat mioma berdiameter 7 cm, dokter hanya memberi satu pilihan bagi Endang Sujiati: pengangkatan rahim. Endang Sujiati ingat persis kejadian pada April 2007. Darah tak henti menetes sehingga ia mengira menstruasi. ‘Rasanya perut bagian bawah seperti diremas. Sakitnya seperti melahirkan,’ kata ibu 3 anak itu. Lima hari lamanya ia harus bergelut dengan penderitaan itu.

This page has the following sub pages.