Tumbuhan Laut Penggempur Penyakit
Menurut USDA, spirulina memiliki kandungan lengkap vitamin dan mineral. Carlos Jimenez dari Department of Ecology, Faculty of Sciences, University of Malaga, Spanyol menemukan kalsium spirulina 3 kali lebih tinggi dibanding susu hewani, zat besi 3 kali lebih besar dibanding bayam. Tidak salah bila suku Aztec memanfaatkan spirulina sebagai makanan sehari-hari untuk menjaga kesehatan. Ia efektif meningkatkan stamina dan sistem kekebalan tubuh. (artikel lengkap…..)

Spirulina, si Penjinak Radiasi
Bencana mahadasyat itu 20 tahun telah berlalu: Ledakan pembangkit listrik tenaga nuklir di Chernobly. Namun dampaknya tak juga terkubur oleh perjalanan panjang sang waktu (artikel lengkap…..)

Spirulina Makanan Kaya Gizi

Lima abad lalu penduduk di sekitar Danau Texcoco, Meksiko, memiliki kebiasaan menyantap camilan biskuit setiap hari. Namun, bukan sembarang biskuit yang dilahap. Biskuit yang disebut tecuitlatl itu dibuat dari ganggang biru kehijauan yang diperoleh dari kedalaman danau. Karena rajin memakan biskuit itu penduduk Danau Texcoco jarang sakit. (artikel lengkap……)

Ganggang Biru Hijau vs Kanker Nasofaring

Setahun berlalu, Tono sudah tampak segar bugar. Bobotnya kembali normal seperti sediakala. Ia masih merasa cepat lelah saja, ujar Lita yang hingga kini terus mewajibkan Tono meminum 1 sachet spirulina setiap hari. Sekolahnya dulu sempat berhenti selama setahun sudah diteruskan kembali. Kalau lihat dia sekarang, saya kadang menangis karena tidak menyangka dia bisa membaik, tutur Lita. (artikel lengkap…..)

Singkap Tabir Faedah Bianglala

Penelitian awal khasiat spirulina terhadap kesehatan dilakukan oleh Lumsden dan D. O. Hall dari University of London King’s College, London pada 1974. Mereka membuktikan kandungan zat besi spirulina lebih tinggi dibanding bayam. (artikel lengkap…..)

Obat Tekanan Darah Rendah
Atas saran seorang kerabat, ia akhirnya mengkonsumsi spirulina 2 sachet 2 kali sehari. Sepekan berselang, pusingnya berkurang dan hilang sama sekali setelah sebulan rutin minum spirulina. (artikel lengkap…..)

Spirulina Makanan Abad 21
Hamparan jaring peneduh yang melingkupi 2 hektar lahan di Distrik Dong Ying, Provinsi Shandong, RRC Utara, terlihat megah. Di bawahnya tampak kolam-kolam berukuran besar berisi air kehijauan. Dari sanalah serbuk-serbuk spirulina yang tengah dikemas karyawan sebuah pabrik di kawasan Cikarang, Bekasi, berasal. Fenomena itu tak ubahnya di Kepong, Malaysia yang mengemas spirulina kiriman dari Hawaii, Amerika Serikat. (artikel lengkap…..)

Dari Nongnong hingga Kebal Herpes
Bagi penggemar lou han, memiliki ikan bernongnong besar sebuah kebanggaan. Nongnong besar diyakini memberi umur panjang pada pemiliknya. Wajar banyak hobiis berlomba mencari lou han bernongnong besar. Nongnong yang besar itu dapat dibuat, ujar Kabinawa. Melalui serangkaian percobaan, profesor riset dari LIPI itu menunjukkan ganggang biru-hijau itu bisa membuat nongnong lou han besar. (artikel lengkap…..)

Anti Cancer Effects Of Spirulina

Beta carotene was found to significantly inhibit the formation of squamous cell carcinoma of hamster buccal pouch when a solution was applied topically three times weekly for 22 weeks in an experiment with 40 hamsters. In a second experiment with 80 hamsters, beta carotene was found to inhibit oral carcinogenesis in an initiation-promotion hamster buccal pouch system. Beta carotene in hibited both initation and promotion. (artikel lengkap…..)

Anti-viral Effects of Structural Modification of Calcium Spirulan.

Calcium ion binding with the anionic part of a molecule was replaced with  various metal cations and their inhibitory effects on the replication of herpes simplex virus type 1 were evaluated. Replacement of calcium ion with sodium and potassium ions maintained the antiviral activity while divalent and trivalent metal cations reduced the activity. Depolymerization of sodium spirulan with hydrogen peroxide decreased in antiviral activity as its molecular weight decreased. (artikel lengkap…..)

This page has the following sub pages.